Jumat, 10 Februari 2012

Hari Libur


Hari libur adalah hari yang paling dinanti-nanti bagi aku, dan mungkin bagi kalian-kalian juga yang sehari-harinya sibuk dengan rutinitas yang ga ada habisnya. Hari libur dijadikan sarana me-refreshingkan diri dari kejenuhan. Apalagi kami para kaum mahasiswa.

Secaraa gitu ya, kampusku tercinta itu sayaaaang banget ma kami. Jadwal ujiannya aja selalu terlambat jauh dari kampus lain. Mungkin biar mahasiswanya bisa nengok dulu gimana kalo yang kampus lain ujian, kan bisa nanya soal apa yang keluar terus jadi bisa jawab soal. (Hah? Ga nyambung).

Karena jadwal ujian yang selalu aja lebih terlambat dibanding kampus lain, otomatis jadwal libur kami juga lebih lama mulainya. Jadi kalo diliat-liat kayak gini  kampus lain ujian, kampus kami masih belajar; kampus lain udah libur, kampus kami malah baru ujian; kampus lain udah masuk, kampus kami lagi libur. Kayak jodoh yang ga bakalan ketemu gitu dehh.

Gara-gara jadwal yang beda-beda, aku and temenku yang kuliah di kampus lain jadi susah buat ngumpul bareng lagi. Apalagi tambah banyak yang sibuk sama urusan masing-masing. Terakhir aku ngumpul sama anak SMA dulu yang sekarang kampus lain taon lalu, itu pun ga ingat kapan.

Tapi untungnya, kemaren janjian kami antar teman SMA yang masih satu kampus terlaksana. Kami ngumpul sambil nyepat gitu di salah satu kos temen aku. Seru gilaa, walaupun cuma empat orang yang hadir. Yahh, setidaknya rasa kangen sama kampung halaman udah dikit terobati karena ada makanan sepat yang dibuat. (Nostalgiaa dahh tu). Sebenarnya rencana awal kan masak bareng, tapi malah temenku udah nyiapin duluan, dari pada kelamaan makannya katanya. (Ihh rajinnya temenku, coba aku, mana mauu).

Setelah selesai semua ujian kayak sekarang ini, temen-temen kelas ku di kampus pasti sibuk mempersiapkan kepulangannya ke rumah tercinta di pulau seberang. Ga kayak aku, ga bisa pulang. (T.T) . Pokoknya aku tuhh dah langganan sebagai penunggu kos deh, taun lalu waktu gempa merapi aja aku teteup aja ga dibolehin pulang. Semua anak kost dah pada ngungsi ke kampung halaman, hanya aku saja yang masih kekeh tinggal di kost. (Superheroo getoo lohh)  bener-bener dah ga nyambung.

Pernah nihh, pengalaman taun kemaren liburan pulang kampung di daerah barat sono nohh. Tau ga apa kata nenek aku, “katanya mau kuliah, kok malah pulang”. Wadduh, pasti nenek aku masih bawa-bawa jaman taon 45 sebelum Indonesia merdeka nihh. Yang pas jaman itu kan, kalo ada anak merantau kagak akan pulang sampe dia udah berhasil. (-.-“) . Eh, belom cuma nenekku aja yang ngomong kayak gitu. Ternyata kakek tetangga aku malah bilang ke aku, “kalo kuliah ya kuliah aja, nda usah pulang. Anak saya aja saya suruh gitu”. Sumpahh, saat itu aku pertama kalinya berpikir aku nyesel banget udah pulang. Sama sekali ga diharapin buat pulang, hiks hikss. Tuhh nenek gue sama kakek tetangga gue ta nikahin lama-lama, kompak banget sehh ga bolehin aku pulang. (????)

Udahh lahh, walaupun sebenarnya ingin juga pulang tiap liburan. Aku pasti mengubur rasa itu dalam-dalam. (Uuuiiihh, kata-katanya kagak nahaann). Sedih sihh, tapi mau gimana lagi. Untungnya aku udah terbiasa di kota perantauan ini. Biar kata aku ga gahol karena ga pernah kemana-mana di Jogja, tapi aku nyaman kok mendekam di kamar kost ku tercinta. (Biar kata ibu kost ku cerewetnya masyaallah jugaa).

Malah tiap dikasih liburan oleh kampusku, malah aku pergunakan dengan sebaik-baiknya. Pokonya banyakin tidur, tapi bisa juga banyakin begadang, banyakin nonton, banyakin baca novel, banyakin makan, tapi kadang malah males makan dehh, pokoknya hari-hari biasa kan mana bisa kayak gini. Temen-temen aku yang lain sihh kalo abis selesai ujian gini pada sibuk ngeberesin kamar. Taon lalu aku juga gitu, kalo sekarang? Hehe, males ahh, toh kamarku juga udah termasuk rapi kok. (Rapi dari Jerman?? *eh sekarang ga jamannya lagi Hongkong-hongkongan, gahol dikit napaa).

Kalo jadwal libur kampusku sebenarnya ga kalah kok dari jadwal libur kampus lain soal lamanya. Faktanya sejak dari tanggal 5 Februari sudah tidak ada aktivitas-aktivitas apa pun tentang perkuliahan atau pun ujian. Mungkin ada sihh, salah satu fakultas yang miris karena masih diberi tugas sama dosennya. (Ckckck, kasiannyuaa). Sejak tanggal itu, kami akan libur sampe tanggal 27 Februari. (Panjang kan liburnya?). Tapiiii, karena kampusku menerapkan sistem ujian ulang. Otomatis libur itu dipotong buat ngantre daftar uang ujian ulang di bank. (Busedd dahh, antreannya ngalahin antrean pembagian daging kurban..!! *bisa ga sih diubah sistem pembayarannya??). Terus juga hari libur kami musti dipotong sama hari ujian ulangnya. Bagi yang ga ujian ulang atau yakin ga ujian ulang sehh udah capcuss kabur secepatnya dari jerat kampus. Bagi orang yang otaknya pas-pasan kayak gue serta pesimis sama hasil ujiannya, sarannya mending sabar aja dehh. (Garuk tanahh, miriss).

Tapi kali ini, kampusku tercinta memang tambah sayaaaang banget sama mahasiswanya. Buktinya mahasiswanya ga dikasi untuk pulang ke rumah mereka karena kampusku ga pengen jauh-jauh dari mahasiswanya. (Takut galau ga ada yang nengokin ya??). Kampusku buat peraturan baru, para mahasiswa wajib ikut kuliah tamu (padahal dulu sama sekali ga wajib), kalo hadir kuliah tamu (dosennya dari luar kampus) ntar dikasih sertifikat. Nah sertifikat ntu adalah syarat ikut praktikum untuk semester depan. Hadehh, gara-gara banyak yang bolos waktu kuliah tamu kemaren-kemaren nehh pasti. (Gue? Apalagee, males gelaa).

Gara-gara ulah kampusku kali ini, temen-temenku pada galau abiss. Pusing mikirin ulang, mau pulang apa enggak. Bahkan ada juga yang udah batalin tiket pesawatnya buat pulang. (Ada sehh yang nekad tetep pulang). Aku cuma kasian aja liatin mereka. (Padahal dalem ati ketawa *ups). Kan berarti aku tetep ada temen di sini, ga sendirian lagi. (Sebenarnya yang lebih kasian banget tuh aku apa mereka yahh??). Temen-temen temenin lahh aku disini, kasihanilah anak rantau yang ga bisa pulang ini, huhuuu. :P

Aku jadi ingat lagu anak-anak itu.

Simpanlah tas dan bukumu
Lupakan keluh kesalmu
Libur telah tiba
Libur telah tiba
Hatiku gembira


Intinya: libur ya buat refreshing, jangan malah dibikin pusing. Let’s we got some planning..

Sincerely.
^.^

1 komentar: