Rabu, 08 Februari 2012

Cemburu


Kata cemburu pasti selalu melekat sama orang yang pacaran? Menurut aku ga juga. Cemburu ga harus antara sepasang kekasih yang lagi dimabuk cinta. (Lohh kok mabuk? Haram dong?). Cemburu juga bisa terjadi antar saudadara, antar sahabat, dan antar-antar lainnya. (Antarin kateringku sekarang mba, please.. *perut keruyukan).

Contoh cemburu antar saudara, misalnya ketika saudaramu dibeliin sesuatu sama ibumu atau terkadang kamu merasa saudaramu itu dilebih-lebihkan oleh orang tuamu. Bukannya itu juga kecemburuan? Intinya meminta hal yang sama kan kayak sepasang kekasih, yaitu cinta kasih dari orang tersayang.

Contoh cemburu antar sahabat, misalnya ketika sahabat kamu terlihat sangat akrab dengan orang lain bahkan jika dia sering menceritakan orang lain itu ke kamu. Bukannya itu juga cemburu?. (Hehh, jangan anggap itu kelesbi-an gue yaa, awas lohh). Intinya juga tetap sama kan kayak sepasang kekasih, yaitu merasa ingin memiliki sepenuhnya cinta kasih dari orang yang disayangi.

Terus sekarang apa bedanya cemburu sama iri? Menurut aku sihh, cemburu itu bagian dari iri. Jadi kalo punya benih cemburu, pasti akan tumbuh menjadi iri. Kalo persamaan cemburu sama iri? Sama-sama ngerepotin. Baik yang ngelakuin maupun yang dicemburuin/diiriin. Lebih baek jauh-jauh dah dari penyakit hati kayak gitu. Soalnya sekali kena, bakalan susah deh buat dilepas. (Lem kalee).

Jadi maksudnya kita ga boleh cemburu nih? Bukannya cemburu itu tanda sayang?

Bukan ga boleh buat cemburu, cemburu itu juga diberikan oleh Allah kepada manusia yang diciptakan-Nya memiliki perasaan jiwa. (Hawa nafsu maksudnyee). Itu lah jadinya yang menjadikan kita lebih spesial dari makhluk-Nya yang laen. (Emang lo mau disamaen sama orang utan??). Tapi cemburu juga kan ada kadarnya, sama kayak obat. (Wuiii, mentang-mentang anak farmasi, bawaannya ngomongin obat mulu, hihii). Kalo kadarnya udah berlebihan, obat bisa berubah menjadi racun. Sama halnya kayak cemburu, kalo udah berlebihan, malah akan meracuni pikiran dan hati kita, bahkan bisa menutupi rasa cinta yang sebenarnya ada dalam hati. (Nah lohh).

Cemburu tanda sayang itu sihh bisa benar, bisa juga ga. Bukan berarti kalo ga cemburu berarti ga sayang tohh. Key word (Halahh, belepotan mulut aku nyebutnya) untuk cemburu itu adalah saling percaya. Dan yang utama adalah bagaimana me-manage kepercayaan itu sendiri.

Aku pernah punya pengalaman soal pacar yang cemburu juga. Secemburu-cemburunya aku, ternyata masih ada juga yang lebih parah dari aku. Kayak kata orang ajaa, di atas langit masih ada langit berikutnya. So, waspadalah akan tanda-tanda kecemburuan. Misalnya gini, si dia bilang: aku cinta sama kamu, aku akan setia sama kamu, aku ga akan pernah ngeliat cewek lain, jadi kamu juga harus kayak gitu ya?. (What the..??). Kalo sampe kata-kata itu keluar dari pacar lo, lo pada harus musti and wajib waspada deh. Artinya dia memiliki bakat kecemburuan yang besar. Dia berusaha bilang seperti itu sama dirinya sendiri “ga akan pernah ngeliat cewek lain”, padahal yang sebenarnya yang diinginkannya “kalo sampe kamu ngelirik cowok laen, awas lo”. (Freak, sumpeh dehh). Terus gitu, peleeaasss deh (eh, maksudnya please deh.. *katro). Ga mungkin juga dia ga liat cewek laen, gimana caranya coba? Mau pake kacamata-anti-cewek-laen? Emang adaa?. Kalo aku sihh, bukannya malah seneng pacarku ngomong kayak gitu, aku malah jadi takut dan bisa-bisa MunTaBer. (Mundur Tanpa Berita maksudnyee). “Ada yang salah nihh pasti sama lo”, gitu pikir gue *tarok jari telunjuk miring di jidat. ???

Nahh contoh-contoh laen tentang kecemburuan masih banyak. Misalnya si cewek sms kayak gini: “Yank, lucu deh tadi, aku ngirim sms ‘dah makan belum, yank?’ tadi tu ternyata salah kirim, malah terkirim ke mba kelas ku, aku jadi maluu.. >.<”. Terus si cowok bales sms ceweknya kayak gini: “Mba kelasnya cewek apa cowok?!!”. (Hah??? *gubrak.encok.patahtulang.ambeien dehh tuh cewek). Udah jelas si cewek pake kata “mba” buat menghindari salah paham. Apa tuhh cowok bego apa pura-pura bego?. Yahh itu lah sob (sob ayam? Sob udang? Eh, itu sop ya?), bukti bahwa jika kecemburuan melebihi kadarnya bisa menutup hati dan pikiran itu sendiri.

Aku punya puisi dah buat kalian-kalian yang pada diamuk api cemburu. Mudah-mudahan puisinya ga bagus. (Lohh kok?). Intinya sihh, biar kalian capek baca blog gue aja. Hehe. (Masalah buat loe?? :P)

Cinta itu
Bukan aku dan kamu
Cinta itu
Layaknya jembatan berlabuh
Dibangun dari papan kayu
Tapak demi tapaknya baru
Hanya dihiasi kasih bisu
Tertopang dalam haru biru
Serta tali temali utuh
Mengikat kuat menjadi satu
Lalu..
Jika tergoyah salah satu
Ikatan yang lain pun ikut meragu
Runtuh satu per satu
Cintaku
Jagalah rindumu
Aku pun akan begitu
Jembatan ini pula akan kukuh

Intinya: say no to blind jealous!! (Kagak ngerti bahasa bule?? -.-“) Artinya: katakan tidak untuk cemburu buta!! Walaupun cinta itu tak mengenal logika (Cieeh, agnes monica dehh gue) tapi setidaknya bersikaplah lebih dewasa.

Sincerely.
^.^

1 komentar:

  1. saya sering berkunjung di blog blog, postingan ini sangat menarik serta enak di baca tentang cemburu.... saya berharap bisa berkunjung lagi

    BalasHapus