Selasa, 10 Januari 2012

Jilbab


Umurku tahun 2012 ini dah nginjak kepala dua. Wheew. Cepet banget tuanya, aslinya masih ga ada dewasa-dewasanya. Masih suka marah-marah, masih suka pelit, masih cengeng, pokoknya belum ada baik-baiknya. (Nilai ujiannya juga maksudnya). Tapi ga nyangka aja gitu loh, seorang Devita udah mulai pake jilbab di umurnya yang ke-19. (plok plok plok). Padahal (ga banyak yang liat sih untungnya) si Devita ini kalo lagi maen bulu tangkis saat ikut klub di Pragas (Stadion olah raga di Sumbawa Besar) waktu SMA dulu sering pake celana pendek mini. Dulu aku sih beranggapan gerah banget pake jilbab, apa lagi emang di daerahku sana cuaca sangat panas. Dulu juga aku suka banget sama rambutku kalo lagi tergerai. (Terserah udah di sampo atau belum, haha). Dulu aku beranggapan kalo suatu saat aku mutusin pake jilbab itu ya kalo udah jadi ibu-ibu gitu. Pokoknya aku juga pake pakaian ya yang ga longgar (baca: ketat), biarpun aku bukan termasuk tipe orang yang modis dan mengikuti era fashion tapi kan ga katro-katro juga pake baju.

Saat selesai masa-masa SMA aku cari perguruan tinggi lahh. Bayanganku soal perguruan tinggi di samping emang pendidikannya yang semakin sulit, pasti juga anak-anak mahasiswanya yang berpakaian bebas ga kayak jaman sekolah yang harus seragam. Jadi ga pernah terbayang di pikiranku waktu itu bakal mau milih perguruan tinggi yang berbau islami yang kuat. Aku ga sanggup deh ceritanya kalo disuruh masuk yang begituan.

Well, aku tes masuk perguruan tinggi di beberapa universitas. Hasilnya, banyak mengecewakan. Haha. (Ya iya lah, yang dikejar UGM mulu, yang lain cuma asal-asal dipilih). Akhirnya aku diterima di beberapa universitas. Cuma ga ada yang ku minati. Setelah di dorong sama keluarga aku nolak jurusan FKM di UAD dan tes tulis untuk Farmasi UAD. Hueee. Aku sebenarnya malesnya selangit buat tes itu. Tapi mau gimana lagi, akunya ga diterima di UGM, ga punya alternatif mau kemana lagi, dan didesak untuk tes. Ya udah, aku tes. Baru tes aja udah disuruh pake jilbab. Jiah, ya sudahlah.

Singkat cerita aku ternyata masuk jurusan Farmasi UAD. Wehh, tiap hari pake jilbab yang menutupi dada, rok panjang, dan baju yang ga ketat. Dasar akunya pemberontak, ya udah biar pun di kampus aku pake jilbab tapi waktu ga ngampus aku cuek aja lepas jilbab. Terus gara-gara aku nih orangnya dudul gitu, aku malah masuk organisasi kampus yang arahannya lebih ke islam. Gubrak lahh. Tapi jadinya aku mulai pake baju yang lengan panjang n celana yang panjang kalo keluar-keluar walaupun belom pake jilbabnya. Lama-lama aku jadi ga enak kalo setiap ketemu di jalan aku lagi ga pake jilbab, terutama teman-teman aku kan pake jilbab semua. Terus salah satu temen aku yang cowok aja sampe negur, “Kalo cewek itu ya harus nutup aurat”. Waikh, nyindir nihh.

Tapi aku ga langsung jadi insaf saat itu. (Parah). Tapi aku jadi di reject sama temenku waktu dia mau comblangin sama temennya karena si cowok sana pengen cewek yang jilbab-an. Huaaa sayang banget, hikss. (Hehee).

Eh, suatu ketika aku pas lagi stress-stressnya. Gara-gara farmasi nih pasti, aku aja sampe tiga kali pergi salon dalam waktu beberapa minggu buat potong rambut. Dulu aku menganggap potong rambut biar ngilangin stress aku. (Apa ya hubungannya kalo stress sama pengen potong rambut?). mungkin sebelah dua belas deh sama orang yang beranggapan kalo stress bawaannya mau ke pantai. (Mau apa? Tenggelemin diri?). Lanjut. Aku pusing, terus aku bercermin, aku liat poni aku udah mulai kepanjangan. Males rasanya cuma mau potong poni aja ke salon. Emang dasar pemalas sih. Tapi kan aku pikir udah pernah lah motong poni sebelumnya. Ya udah, aku ambil aja gunting terus aku tarik poniku dan sok ngukur-ngukur. Apa yang terjadi? Wuaaa ga dapat terbayangkan deh bentuk poniku saat itu. Panjang pendek ga rata. Nervous, aku coba benerin. Ternyata tambah salah. Tambah ga karuan, jelek abis, aku jadi putus asa. Aku coba angkat poninya, biar bisa dijepit di atas gitu. Nihil. Karena terlalu pendek jadi ga bisa terangkat, malah membuat poni aku mencuat tegak lurus kayak lagi kesetrum listrik. Wuaaaa, hikss. Catat: kalo lagi emosi sama masalahmu, jangan deketin gunting dirambutmu.

Lahh kayak gimana lagi, udah jelek diriku makinnya jadi jelek. Aku pikir, untungnya di kampus pake jilbab kalo ga jadi ledekan nih sama anak-anak itu, tapi terus gimana kalo mau pergi-pergi?. Well, akhirnya aku mutusin untuk pake jilbab juga saat keluar. Pikirku, ini cuma bertahan sampai poniku tumbuh lagi dengan benar nanti. Semua jadi nanya-nanya apa aku udah pake jilbab, akunya cuma nyengir doing. Tapi kapan sih aku berpikir panjang? (hadeh). Rambutku itu tumbuh jadi panjangnya lama. Otomatis aku juga harus pake jilbabnya lama. Wahh, kini aku terlibat perang batin. Aku ga mungkin tiba-tiba ngelepas jilbab setelah lama pake jilbab (komitmen aku kan, kalo udah pake jilbab pantang untuk buka aurat lagi), tapi aku masih ga sanggup aja secara batin untuk memakai jilbab.

Akhirnya setelah perang yang heboh di dalam jiwaku, aku dengan rela memakai jilbab. Jrengg. Metamorfosislah aku. Semua pakaian pendekku jadi migrasi buat pakaian rumahan. Mulai make celana atau rok panjang kemana-mana, belajar pake jilbab yang pas dan cepat. Biarpun kadang masih sih ketat pakaianku, hehee. Foto-foto di jejaring sosialku ku ubah ke yang foto pake jilbab. Juga aku belajar bersikap yang baik sesuai tuntutan moral dan agama. Soalnya banyak kan anggapan orang, “Pake jilbab, tapi palsu”. Aku ga pengen sama kayak julukan itu aja.

Eits, walau awal aku pake jilbab gara-gara alasan itu, tapi itu kemaren ya. Sekarang aku udah menata niatku kembali, ingin menyempurnakan agamaku dengan menutup aurat. Sekarang pikirku, sudah cukup aku bersenang-senang tidak memakai jilbab selama 18 tahun. Kini aku harus bersenang-senang dengan adanya jilbab sebagai identitasku. Dan ternyata memakai jilbab ga seserius dugaanku yang berpikir akan gerah. (oma-ku malah yang jadi kegerahan liat aku pake jilbabku. Hehe, wajar lah nenek-nenek). Jilbab cukup nyaman dipakai. Bahkan sekarang aku malah risih ngeliat seorang perempuan yang memakai pakaian yang ketat atau terlalu terbuka.

Seperti biasa aku mau nampilin puisiku yang ga nyambung. Kayaknya semakin lama aku semakin ga pernah baut puisi lagi. (Sok) sibuk kuliah sih. Tapi emang inspirasinya jadi berkurang aja gitu. Ga kayak waktu SMA. Mungkin masalah emosi jiwa yang labil kala itu kalee ya. (Emang sekarang udah ga labil?). Well, simaklah.

Kala itu
Tatkala mentari tenggelam
Dalam garis cakrawala
Menciut laksana
Takut pada sang rembulan
Yang akan merebut peraduannya
Semburat merah melayang di awan
Ketika langit memuntahkan cahaya agung-Nya
Ku terpaut pada sesosok jiwa halus nan rapuh
Saat ku menengadah membelakangi panorama indah
Dan saat ia menatap lurus bertemu pandang
Leher ini kaku
Segalanya bagai lenyap
Menjadi hanya pasir-pasir putih berkilauan
Dimana sang mawarku berpijak lantang menantang hembusan angin
Dan jari-jari ombak seakan menggapai jemari nan indah
Walau datang gelap tak sedikitpun ia hilang dari penglihatanku
Hingga ku terlelap dibuai air mata
Ku tau.. ku telah melihat sesuatu yang indah
Sebelum ku kan melihat keindahan lain di alam indah yang lain


Tau kapan puisi itu aku buat? Aku aja ga ingat. Tapi aku suka dengan puisi-puisi ku yang ga langsung kena sasaran. Jadi ada simboliknya gitu. Tapi aku biasanya jarang dapat inspirasi kata-kata seperti itu.

Intinya: memakai jilbab bukan berarti seperti memakai rantai atau baju besi yang dapat memberatkanmu. Tapi hanya seperti benteng yang selalu melindungi dirimu atau orang lain terhadapmu. Di jaman ini bahkan sudah banyak model/fashion yang menggunakan jilbab yang sangat bervariasi dan bagus-bagus.

Sincerely.
^.^

2 komentar:

  1. Assalamualaikum kak. Mau tanya tes tulis untuk masuk farmasi uad itu susah nggak soal soalnya?

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum kk mau nanya tes tulis farmasi UAD susah nggk??
    Please respon kak

    BalasHapus